Kamis, 15 Maret 2012

Kue putu, makanan yang hampir punah

ingatkah anda tentang makanan yang satu ini? warna hijau dan juga gula merah khasnya yang membuat terasa meleleh di mulut ini pun menempel di pikiran semua orang yang pernah mencicipinya. ya, kue putu namanya, siapa sih yang ga tau kue putu? mulai dari anak kecil, balita, remaja, dan juga orang dewasa pun pernah mencicipinya.

kue ini terbuat dari tepung beras yang berisikan gula merah yang dikukus dengan uap sehingga matang, biasanya kue ini dikukus dengan cara diletakkan di dalam tabung bambu lalu di dorong dari satu sisi dan ditaruh di piring dengan bentuk bentukpuk lalu di taburi parutan kelapa. suara khas uap yang keluar dari alat pengukus pun menjadi suara khas kue putu ini dan sekaligus menjadi alat promosi sehingga orang yang mendengar suara ini pasti akan segera tahu bahwa itu adalah tukang kue putu. oh iya kue putu seperti ini ada dua macam ada yang dibuat dari tepung beras dan gula merah seperti yang tadi saya jelaskan, ada juga yang berbentuk bulat dan teksturnya juga liat dan dalamnya juga gula merah tetapi cair. satu buah kue putu biasanya dijual dengan harga Rp.500.


 tetapi sayang kue itu sekarang amat sulit ditemukan, apakah yang menjadi penyebabnya? apakah mungkin harga bahan baku naik? atau mengurangnya minat pembeli terhadap kue putu? kita tidak akan tahu, yang pasti bagi saya pribadi kue ini sangat menempel di otak saya sejak kecil, teksturnya yang lembut, isinya yang manis, wanginya yang harum haah pokoknya kue putu mendatangkan kembali kenangan masa kecil deh! dan   saya pribadi juga berharap kue ini "dilestarikan" oleh masyarakat indonesia umumnya dan masyarakat bogor khususnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar