Jumat, 23 Maret 2012

Waspada angin kencang

Hembusan angin kencang yang terjadi sejak beberapa hari ini di wilayah kota Bogor diprediksi masih akan terjadi hingga akhir bulan ini, menurut Badan Meteorologi dan Geofisika Dramaga Bogor, kecepatan angin di kota tercinta kita ini beberapa hari ini mencapai 30-40km/jam loh dan kecepatan itu dikategorikan kencang, apalagi untuk daerah perkotaan seperti Kota Bogor.

Menurut Jabariyah, seorang koordinator prakiraan dan pelayaanan stasiun klimatologi BMKG Dramaga Bogor, angin kencang ini disebabkan karena ada dua tekanan udara rendah di sebelah Utara Australia bagian barat dan di selatan Pulai Jawab bagian Barat.

Hembusan angin yang kencang juga dapat memicu sebuah pohon untuk tumbang, banyak kawasan Bogor yang di daerah pinggir jalannya ditanami pohon-pohon besar yang berumur ratusan tahun yang bisa kapan saja tumbang karena tertiup angin maupun karena umur pohon yang sudah tua. di daerah Bogor sendiri, tercatat sekitar 70 pohon rawan tumbang menurut Kepala Bidang Pertamanan Kota Bogor yaitu Dian Herdiawan. Ketika ditanya apa penyebabnya, Dian menjawab
“Kota Bogor sendiri memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, sehingga pohon mudah rapuh. Selain itu, perilaku masyarakat yang sering melakukan vandalisme (penempelan paku-paku terhadap pohon) menyebabkan infeksi pada pohon karena karat pakunya. Itulah yang menyebabkan pohon-pohon rawan tumbang,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar